Monthly Archives: November 2018

4 Cerita yang Bakal Kamu Alami Saat Menyusun Buku Tahunan Sekolah

Standar

Salam Buku Tahunan,

Dalam pembuatannya, buku tahunan sekolah akan melibatkan banyak pihak. Mulai dari panitia buku tahunan sekolah, vendor buku tahunan sekolah, dan juga pihak percetakan. Kerja sama yang baik antara semua pihak akan memudahkan proses penyusunan buku tahunan dan hasil akhirnya yaitu yearbook akan menjadi kenang-kenangan yang tidak hanya sebatas buku saja, melainkan cerita-cerita di baliknya. Berikut adalah sedikit cerita susah maupun senang yang pasti bakal kamu alami dalam proses membuat buku tahunan sekolah.

Buat WordPress

Bingung Nentuin Tema

Yak, salah satu hal yang selalu menjadi problem utama dalam penyusunan buku tahunan sekolah adalah menentukan tema. Pengennya sih tema yang unik dan out of the box gitu, tapi anak-anak kelas males kalau mesti nyiapin properti yang ribet-ribet, akhirnya jadi bingung deh. Pencarian tema yang kayaknya nggak kunjung ada akhirnya ini biasanya berakhir dengan pengambilan tema yang pasaran banget, kayak suasana sekolah atau tema vintage. Padahal bisa banget lho kamu browsing di internet untuk mencari tema buku tahunan sekolah yang aneh tapi menarik.

Foto Satu Angkatan Ternyata Asyik Banget!

Awalnya sih mikir bakalan rempong, gimana ya caranya ngumpulin ratusan orang dan difoto sedemikian mungkin supaya semuanya masuk in frame. Tapi ternyata asyik kok! Malahan jadi pengen lama-lama fotonya biar banyak pilihan buat dimasukkin ke buku tahunan sekolahnya. Nah, yang lagi kekinian sekarang nih contohnya foto pakai drone gitu dan membentuk berbagai macam formasi yang terlihat dari atas. Kamu mau nyobain?

Susah Nagihin Uangnya

Jadi ceritanya kalian sudah menetapkan budget dan saatnya nagihin uang ke masing-masing siswa. Biasanya sih, bakalan ada siswa yang tiba-tiba ngilang dengan alesan “Besok ya uangnya…” atau “Lagi nggak ada duit nih, nanti lagi yaa…”. Duh, padahal panitia udah capek-capek ngatur budget buku tahunan sekolah seminimal mungkin supaya terjangkau untuk semuanya, tapi susah bener nagihinnya! Hahaha.

Ketika Buku Tahunan Kalian Keluar dari Percetakan dan Sesuai Ekspekstasi…

Happy banget! Rasanya semua kerja keras selama ini terbayar dengan ngeliat buku tahunan sekolah kalian udah selesai dan siap untuk dibagikan ke anak-anak. Semoga buku tahunan sekolah ini bisa menjadi kenangan yang nggak terlupakan untuk masa sekolah kalian 🙂

Mungkin masih banyak lagi ya cerita-cerita selain yang disebutkan di atas. Kalau kamu yang lagi baca ini kebetulan adalah panitia persiapan buku tahunan, semoga penyusunan buku tahunan sekolah kamu lancar, ya!

Salam hangat dari Bandung.

—— Buku Tahunan Sekolah ——

Open hours : Monday – Saturday (09 AM – 7 PM)

Address. Jl. Jupiter X Blok. H-2 No. 7 & 10 Bandung 40286 (Belakang Metro Indah Mall / MIM)

Phone. (022) 756 6851 / 0856 225 9852 (fast response)

WA. 08562259852

Line. nugrahafahrizal

T. @rkforcreative – FB. Rumahkayu Indonesia Artwork

IG. @rkcbdg

www.rkforcreative.com

 

 

Referensi Tempat Foto Buku Tahunan Sekolah #2 – Sleepyhead Coffee Jakarta Selatan

Standar

Salam Buku Tahunan,

Minggu ini kita bakal share lagi tempat instagramable yang cocok untuk dijadikan lokasi foto buku tahunan sekolah di Jakarta.

Coffee shop sedang benar-benar menjamur belakangan ini. Di setiap sudut kota pasti ada coffee shop baik yang kecil maupun yang besar. Lengkap dengan interior yang homy dan suasana yang comfy, kedai kopi juga bisa lho dijadikan tempat untuk foto buku tahunan.

Sleepyhead Coffee Jakarta Selatan

 

Bertempat di Jl. Gunawarman no. 63, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sleepyhead Coffee adalah sebuah kedai kopi kecil dengan bangunan yang mirip seperti rumah. Di bagian dalamnya banyak terdapat kursi, sofa, dan meja yang ukurannya tidak terlalu besar.

 

Sleepyhead Coffee juga memiliki area outdoor dengan banyak tanaman hijau yang makin memberikan kesan seperti di ‘rumah’.

Biarpun tempatnya tidak terlalu luas, Sleepyhead Coffee dapat memuat cukup banyak orang untuk sekedar foto kelas untuk buku tahunan sekolah seperti ini.

Dengan suasana yang homy banget seperti ini, tema foto buku tahunan sekolah yang cocok adalah casual atau bisa juga classic dengan dresscode warna earth-tone seperti foto di atas.

Selain di coffee shop, pengambilan foto untuk buku tahunan sekolah juga bisa dilakukan di cafe atau resto yang memiliki interior sesuai dengan tema buku tahunan yang ingin diangkat. Semoga bisa membantu untuk kamu yang lagi cari lokasi untuk foto buku tahunan sekolah ya!

Salam hangat dari Bandung.

—— Buku Tahunan Sekolah ——

Open hours : Monday – Saturday (09 AM – 7 PM)

Address. Jl. Jupiter X Blok. H-2 No. 7 & 10 Bandung 40286 (Belakang Metro Indah Mall / MIM)

Phone. (022) 756 6851 / 0856 225 9852 (fast response)

WA. 08562259852

Line. nugrahafahrizal

T. @rkforcreative – FB. Rumahkayu Indonesia Artwork

IG. @rkcbdg

www.rkforcreative.com

 

 

3 Alasan Kenapa Buku Tahunan Sekolah itu Penting Banget!

Standar

Salam Buku Tahunan,

Buku tahunan sekolah bukanlah hal yang asing lagi khususnya untuk siswa kelas tiga yang sedang mempersiapkan kelulusan.Buku tahunan sekolah atau biasa disebut juga dengan alkena atau album kenangan adalah buku yang memuat foto-foto dan profil siswa satu angkatan beserta guru-gurunya.

Biasanya, menyusun isi buku tahunan sekolah memerlukan waktu yang cukup lama, mulai dari penyusunan panitia, pengambilan foto tiap-tiap kelas, foto guru, foto sekolah, dan lain-lainnya. Baru kemudian setelah materinya lengkap terkumpul diserahkan kepada vendor buku tahunan sekolah yang kemudian dicetak dan dapat dibagikan.

Nah, berikut adalah alasan kenapa buku tahunan sekolah menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam masa sekolah kamu.

Oleh-Oleh Kelulusan

Buku Tahunan Sekolah

Zaman sekarang, momen kelulusan atau graduation adalah salah satu momen yang banyak ditunggu-tungu dan dirayakan. Tapi rasanya ada yang kurang kalau kita pulang dari acara kelulusan dengan tangan hampa. Yup, buku tahunan sekolah adalah oleh-oleh yang paling pas untuk para alumni karena selain berkesan, buku tahunan sekolah juga penuh dengan informasi-informasi yang mungkin kamu butuhkan suatu hari nanti, seperti kontak alamat teman dan lain-lainnya. Diharapkan juga buku tahunan sekolah bisa menjadi alat untuk menyambung silaturahmi di kemudian hari 🙂

Media Promosi untuk Sekolah

Buku Tahunan Sekolah

Secara nggak langsung, yearbook atau buku tahunan sekolah juga bisa menjadi media promosi untuk sekolah, lho. Karena memuat informasi-informasi seputar sekolah dan kegiatannya, buku tahunan sekolah dapat juga berfungsi sebagai katalog yang bisa dilihat-lihat oleh teman atau saudara pemilik buku tahunan sekolah tersebut. Pastikan design dan layout-nya bagus, sehingga menarik orang untuk melihatnya, ya.

Buat Nostalgia

Buku Tahunan Sekolah

Kata orang, masa sekolah adalah masa yang paling indah. Percaya deh, beberapa tahun setelah lulus, kamu bisa buka buku tahunan sekolah kamu dan mulai bernostalgia. Pasti langsung inget deh gimana hebohnya di kelas, guru mana yang killer dan guru mana yang baik hati, dan pengalaman-pengalaman nggak terlupakan dahulu. Adanya buku tahunan sekolah memudahkan kamu untuk mengingat nama teman, wajah guru, dan suasana sekolah. Asyiknya sih dibaca ramai-ramai sama teman-teman alumni supaya nostalgianya lebih berasa!

Ternyata cukup banyak juga manfaat buku tahunan sekolah, ya. Jadi kamu mau bikin buku tahunan sekolah dengan konsep seperti apa tahun ini?

Salam hangat dari Bandung.

—— Buku Tahunan Sekolah ——

Open hours : Monday – Saturday (09 AM – 7 PM)

Address. Jl. Jupiter X Blok. H-2 No. 7 & 10 Bandung 40286 (Belakang Metro Indah Mall / MIM)

Phone. (022) 756 6851 / 0856 225 9852 (fast response)

WA. 08562259852

Line. nugrahafahrizal

T. @rkforcreative – FB. Rumahkayu Indonesia Artwork

IG. @rkcbdg

www.rkforcreative.com

 

Referensi Tempat Foto Buku Tahunan Sekolah #1 – Taman Menteng Jakarta Pusat

Standar

Salam Buku Tahunan,

Selamat hari Jumat!

Mencari lokasi untuk foto buku tahunan sekolah adalah salah satu hal teratas yang ada di dalam list ketika menyusun materi untuk buku tahunan sekolah.  Lokasi tersebut tentunya harus mudah diakses dan cukup luas untuk menampung puluhan orang. Kali ini, RK Creative akan memberikan referensi tempat foto buku tahunan sekolah yang anti-mainstream tapi tetap aesthetic.

Taman Menteng – Jakarta Pusat

big_slider_DSC03397.JPG

Sumber: ulinulin.com

Taman Menteng terletak di Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Sebelumnya, lokasi seluas 2 hektar ini adalah sebuah stadion yang kemudian dialihfungsikan menjadi Ruang Terbuka Hijau pada tahun 2007.

Fasilitas yang ada di taman ini terbilang cukup lengkap. Ada dua lapangan futsal, satu lapangan basket, sarana bermain anak, dan jogging track. Kondisinya pun bersih, rapih, dan tanamannya pun terpelihara dengan baik.

dsc034431

Sumber: pratamasite.blogspot.com

Ada juga bangunan yang ikonik di Taman Menteng, yaitu beberapa rumah kaca berukuran cukup besar. Bangunan ini kerap disebut sebagai Green Housenya Menteng. Banyak pengunjung yang berfoto di rumah kaca ini, tidak terkecuali juga komunitas atau kelompok. Karena areanya sendiri cukup luas, Taman Menteng cocok untuk dijadikan sebagai tempat foto buku tahunan sekolah.

Piknik di Taman Kota Jakarta The Lost Wanderer - Menteng.jpeg

Sumber: thelostwanderer.com

Taman ini dibuka mulai dari pukul 05.00 hingga 20.00, dan untuk masuk ke dalamnya tidak dipungut biaya alias gratis, akan tetapi kalau kalian membawa kendaraan pribadi, nantinya harus membayar biaya parkir kendaraan.

Taman Menteng merupakan salah satu tempat foto buku tahunan sekolah yang aksesnya mudah, karena berada di tengah kota. Tempatnya juga cukup luas dan dapat menampung banyak orang.

Salam hangat dari Bandung.

—— Buku Tahunan Sekolah ——

Open hours : Monday – Saturday (09 AM – 7 PM)

Address. Jl. Jupiter X Blok. H-2 No. 7 & 10 Bandung 40286 (Belakang Metro Indah Mall / MIM)

Phone. (022) 756 6851 / 0856 225 9852 (fast response)

WA. 08562259852

Line. nugrahafahrizal

T. @rkforcreative – FB. Rumahkayu Indonesia Artwork

IG. @rkcbdg

www.rkforcreative.com