Insit dalam Proses Cetak Buku Tahunan

Standar

Kertas cetak buku tahunan sekolah

Pengertian insit (insheet) atau spare bahan produksi dalam dunia cetak memang sangat diperlukan dan akan berimbas pada kualitas suatu produk cetak. Insit dapat berupa jumlah atau presentase sebagai tambahan pemakaian bahan produksi yang sengaja dilebihkan dari jumlah keperluan produksi yang sebenarnya dalam oplah tertentu.

Dalam hal produksi cetak buku tahunan tentunya insit untuk kertas bahan produksi merupakan suatu hal yang tidak bisa dikesampingkan, hal ini dikarenakan beberapa alasan antara lain :

  1. Cetakan Full Color (separasi) pada Buku Tahunan Sekolah

Jenis cetakan pada buku tahunan sekolah kebanyakan memakai sistem cetakan full color (separasi) dimana ada 4 plat cetak yang akan di transform ke dalam media kertas. Dalam hal ini tentu akan sangat berbeda dengan jenis cetakan 1 Warna (BW) dimana tingkat resiko kesalahan dalam jenis cetakan full color (separasi) akan lebih tinggi dibanding cetakan 1 warna (BW). Oleh karena itu nilai atau presentasi insit bahan produksi dalam mencetak buku tahunan sekolah (full color) harus lebih tinggi daripada jenis cetakan lain yang memakai sistem cetak 1 warna (BW).

  1. Komposisi Photo pada Design Buku Tahunan Sekolah

Dalam layout (design) buku tahunan sekolah komposisi photo cenderung akan lebih banyak dibanding graphic dan text. Dalam hal mencetak tentu nya ketelitian dan ketepatan warna untuk mencetak suatu cetakan yang berisi content photo akan lebih memerlukan perhatian ekstra dibanding dengan cetakan yang mempunya komposisi graphic dan text saja (tanpa photo), oleh karena itu hal ini harus di imbangi juga dengan adanya jumlah insit yang lebih banyak dalam mencetak buku tahunan sekolah.

  1. Buku Tahunan Sekolah adalah Nilai Seni

Buku tahunan sekolah atau yang biasa kita kenal BTS adalah produk dengan nilai seni tinggi karena buku tahunan sekolah memuat beragam kreatifitas dan cerita perjalanan selama 3 tahun dalam suatu sekolah. Oleh karena itu diperlukan kualitas yang sangat terjaga dalam hal mencetak buku tahunan sekolah. Dalam pengerjaan cetak buku tahunan sekolah, produsen cetak sebelum melakukan finishing (penyusunan halaman, jilid, dan hardcover) harus selalu melakukan sortir untuk memisahkan cetakan isi buku yang sempurna dan yang tidak sempurna (berbayang), insit kertas yang kita sengaja persiapkan pada awal produksi tentunya sangat berperan karena kita tidak mau jumlah cetakan yang kurang sempurna tadi dapat mengurangi oplah cetakan yang kita perlukan, yang apabila dipaksakan pun akan mengurangi kualitas suatu cetakan dalam buku tahunan sekolah.

Penggunaan insit dalam dunia cetak akan sangat diperlukan untuk :

  • Cetak Coba (Proofing)

Cetak coba / proof adalah suatu tahapan persiapan produksi cetak yang dilakukan untuk mendapatkan cetakan yang akan dipergunakan untuk mendapatkan persetujuan pemesan. Cetak coba / proof dapat dilakukan pada pre-press (pada teknologi konvensional dengan dibuat : color key, cromalin, color proof), tapi pada unit produksi dapat dilakukan pula dengan menggunakan mesin cetak khusus untuk cetak coba / proof, yang hasilnya lebih mendekati hasil produksinya, sedangkan hasil proof pada persiapan produksi kurang baik (misalnya color key).

Agar fungsi cetak coba untuk mendapat persetujuan pemesan, maka dari cetak coba harus memenuhi persyaratan sesuai dengan persyaratan hasil produksi oplahnya, misal : Ketepatan posisi teks, gambar pada kertas. kebenaran / keseragaman ketebalan lapisan tinta / warna.

  • Mengantisipasi kerusakan kertas pada saat produksi misal

Kerusakan kertas dialami pada sistem pemasukan kertas yang kurang baik penyetelannya (misal : kertas miring, rangkap, ketidak tepatan cetakan, dll), sistem penintaan kurang sempurna (misal : kerataan tinta tidak sempurna), ketidak tepatan gripper-gripper menyebabkan kertas mengkerut, dll. Kerusakan cetak pada produksi misal dapat diminimalisir dengan :  penyetelan perangkat pemasukan kertas sempurna, sehingga kertas selamanya berjalan lancar (ingat : kelancaran pemasukan kertas  pada mesin merupakan modal awal untuk menghasilkan cetakan dengan mutu yang baik), penyetelan gripper dan tekanan cetak yang tepat.

  • Mengantisipasi kerusakan pada penyelesaian produksi.

Penyelesaian / finishing pada produk buku tahunan sekolah, majalah, brosur, dll melalui kegiatan melipat, komplit, jilid, potong dan kemas. Kegiatan demikian dapat memunculkan kerusakan pada lembaran hasil cetak, walaupun prosentasenya kecil, sehingga perlu tersedia hasil lembaran cetak yang berlebih dibagian penyelesaian produksi.

Semoga bermanfaat,

RK Creative.

Open hours : Monday – Saturday (09 AM – 7 PM)

 

Address. Jl. Jupiter X Blok. H-2 No. 7 & 10 Bandung 40286 (Belakang Metro Indah Mall / MIM)

Phone. (022) 756 6851 / 0856 225 9852 (fast response)

WA. 08562259852

Line. nugrahafahrizal

BBpin. 5377963F

T. @rkforcreative – FB. Rumahkayu Indonesia Artwork

IG. @rkcbdg

 

www.rkforcreative.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s