Sharing: MOU / Surat Perjanjian Kerjasama Buku Tahunan Sekolah

Standar

Salam BTS,

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat surat perjanjian kerjasama dalam hal pembuatan buku tahunan sekolah (sering kita sebut dengan MOU ; Memorandum of  Understanding).

Terkadang tahapan dalam pembuatan surat perjanjian kerjasama untuk buku tahunan sekolah ini sering kali terabaikan, padahal betapa penting nya surat perjanjian kerjasama ini sebelum memulai suatu pekerjaan/project sebagai tali hukum antara klien dan penyedia jasa buku tahunan sekolah.

Berikut beberapa point/pasal penting yang biasanya tercantum dalam surat perjanjian kerjasama, antara lain :

  • Pernyataan penandatanganan surat perjanjian kerjasama beserta identitas pihak yang mewakili (untuk pihak dari klien/sekolah yang memesan buku tahunan sekolah biasanya diwakili oleh wakil kepala sekolah bagian kesiswaan ataupun langsung oleh ketua panitia buku tahunan)
  • Pengertian Umum : Pada bagian ini harus tertera definisi dari surat perjanjian kerjasama dalam pembuatan buku tahunan ini secara jelas.
  • Tujuan : Paparkan tentang maksud & tujuan diadakannya program pembuatan buku tahunan sekolah.
  • Lingkup Pekerjaan : Karena surat perjanjian kerjasama ini hanya mencangkup dua pihak maka jelaskanlah bahwa lingkup pekerjaan untuk pihak pertama (sekolah/panitia buku tahunan sekolah) adalah sebagai penyedia dana untuk program pembuatan buku tahunan sekolah, sertakan pula banyak nya pemesanan buku, sistem pembayaran, serta harga dan spesifikasi buku secara jelas, sedangkan lingkup pekerjaan untuk pihak kedua (dalam hal ini EO/percetakan buku tahunan sekolah) adalah sebagai penyedia jasa *exp. pemotretan, olah data, design, cetak, dll. Jelaskan pula bagian ini secara terperinci.
  • Teknis Pelaksanaan : Adalah ulasan mengenai tanggung jawab dan jenis pekerjaan yang harus dilakukan baik oleh pihak sekolah/panitia buku tahunan ataupun oleh pihak EO buku tahunan sekolah/percetakan. Jelaskan dengan sejelas-jelas nya beserta jadwal dan deadline/batas akhir pengerjaan buku tahunan sekolah
  • Kewajiban, Sanksi dan Upaya Hukum : Berikan gambaran tentang kewajiban serta sanksi dan upaya hukum apa yang dapat dikenakan apabila kedua belah atau salah satu pihak tidak dapat melaksanakan tanggung jawab nya.
  • Penutup : Tanda tangan diatas materai sebagai bukti bahwa surat perjanjian kerjasama ini berpayung hukum.

Demikian penjelasan tentang hal-hal apa saja yang harus tertera dalam surat perjanjian kerjasama (MOU) dalam pembuatan buku tahunan sekolah.

Untuk contoh surat perjanjian kerjasama (MOU) dapat di download disini : Surat Perjanjian Kerjasama Buku Tahunan Sekolah via Ziddu (mohon maaf dikarenakan ziddu sudah tidak bisa untuk upload atau menjadi hosting untuk menyimpan file lagi, maka link nya kami tutup) untuk template design akan kami upload lagi pada artikel-artikel terbaru kami. Mohon dimaklumi 😦

*(update : 29 Sep 2017) untuk link download Surat Perjanjian Kerjasama (MOU) Buku Tahunan Siswa sudah kami upload link yang baru, dapat di download di Contoh MOU Surat Perjanjian Kerjasama Buku Tahunan Siswa

Semoga bermanfaat,

rkcreative

Satu tanggapan »

  1. Mas aku udah sms Ke nomor mas, untuk minta password MOUnya, tapi gak ada respond sama sekali, mohon bantuannya mas…… ini nomor saya 085717415293

  2. Ping-balik: Buku Tahunan : Contoh MOU – Surat Perjanjian Kerjasama | Buku Tahunan Sekolah - Yearbook

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.