Sharing: Proposal Buku Tahunan Sekolah / Yearbook

Standar

Proposal Buku Tahunan Sekolah by rkcreative

Salam buku tahunan,
Proposal untuk penawaran buku tahunan sekolah dianggap sangat penting, karena itu menyangkut legalitas, pengerjaan dan sense of creative dari organizer buku tahunan itu sendiri. Berikut beberapa cara penyusunan proposal dalam pengajuan buku tahunan sekolah. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk teman-teman yearbook organizer.

1. Be Creative
Sebagai industri atau perusahaan yang bergerak di bidang kreative, apalagi lingkup pekerjaan yearbook organizer yang langsung berhubungan dengan siswa yang notabene dianggap mempunyai kreasi atau imaginasi yang tak terbatas. Oleh karena itu kita harus selalu menunjukan sesuatu yang baru dan fresh, sisi kreatifitas harus selalu ditonjolkan terutama dalam penyusunan proposal buku tahunan sekolah yang dianggap sebagai pintu masuk kita dalam memperoleh pekerjaan mengelola buku tahunan dalam satu sekolah. Segi kreatifitas dapat berupa packaging, image, penyusunan kata, ataupun hal lainnya yang bertujuan agar proposal kita dapat menarik untuk dibaca atau dikaji.

2. Tunjukan Personality Anda
Seringkali dalam penyusunan proposal terlalu terbatasi oleh kaidah-kaidah yang sudah umum, sehingga dalam penyusunan kata ataupun layout seringkali membuat pembaca bosan. Biarkan personality anda muncul, tentu saja ini adalah seperti bisnis pada umumya dimana kita dituntut mengikuti ketentuan-ketentuan di dalamanya, tapi biarkan pembaca proposal lebih melihat tentang siapa sebenarnya kita, berikan argumen yang independent, gagasan, dan antusiasme terhadap bisnis kita sehingga pembaca proposal dapat menilai bagaimana personality kita.

3. Pergunakan Gambar Dengan Lebih Cerdas
Seringkali dalam menjelaskan sesuatu, gambar atau photo sangat diperlukan untuk lebih mempertegas dan mempermudah pembaca proposal menyerap informasi. Namun ingat untuk tidak berlebihan dalam memberikan gambar, proposal yang baik bukan proposal yang selalu penuh bergambar, tentunya masih banyak element-element lainnya yang menunjang suatu proposal seperti typography, pemilihan kata, dan lainnya.

4. Hindari Konten Hiperbola
Dalam hal manajemen pemasaran/promosi, pemilihan kata dengan konten hiperbola dianggap syah karena itu bertujuan untuk membuat pembaca tertarik, namun tentunya hal itu jangan terlalu berlebihan, gunakan secukup nya. Gunakan data atau informasi yang relevan dengan kapasitas kita sehingga pembaca proposal akan menerima ini sebagai sesuatu data atau informasi yang sebenar-benarnya. Hindari membuat pernyataan yang berlebihan terhadap proposal kita.

5. Jelaskan Secara Terperinci
Jelaskanlah tentang buku tahunan sekolah secara terperinci, mulai dari proses-proses dan tahapan pengerjaannya. Berikan estimasi waktu pengerjaan buku tahunan sekolah agar pembaca proposal dapat menyerap informasi dengan lengkap.

6. Berikan Simulasi Perhitungan Harga
Seringkali dalam penyusunan proposal pembuatan buku tahunan sekolah kita dibingungkan oleh pembuatan pricelist/daftar harga karena terlalu banyak element-element yang dapat mempengaruhi harga dari buku tahunan sekolah (untuk lebih jelas mengenai hal-hal apa yang dapat mempengaruhi harga dari suatu buku tahunan, silakan klik disini). Oleh karena itu berikanlah simulasi perhitungan harga, dimana quantity dan spesifikasi buku kita lah yang menentukan sebagai gambaran bagi pembaca proposal dalam menilai range harga kita. Berikan beberapa contoh harga buku tahunan sekolah yang pernah kita kerjakan dengan beragam spesifikasi dan quantity.

7. Selalu Mengingat Pelanggan/Pembaca
Proposal merupakan suatu alat pemasaran, oleh karena itu tekankanlah pada benefit yang akan diperoleh pelanggan/pembaca. Pergunakan data yang wajar dan jangan dilebih-lebihkan.

*info.
untuk permintaan proposal buku tahunan sekolah dari rkcreative silahkan dengan langsung menghubungi nomer ini 085 622 59852

2 responses »

  1. Ping-balik: Contoh Proposal Buku Tahunan Sekolah « Buku Tahunan Sekolah | Yearbook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s